Frattesi Cetak Gol Tunggal, Italia Siap Hadapi Piala Eropa

Italia berhasil menundukkan Bosnia dan Herzegovina dengan skor 1-0 di pertandingan terakhir sebelum Piala Eropa 2024.

Gol tunggal yang dicetak oleh Davide Frattesi pada menit ke-38 mengantarkan Italia meraih kemenangan penting di Stadio Carlo Castellani, Empoli.

Kemenangan ini memberikan kepercayaan diri bagi tim asuhan Luciano Spalletti menjelang turnamen besar.

Luciano Spalletti, yang memutuskan untuk mengubah formasi dari 4-2-3-1 saat melawan Turki menjadi 3-4-2-1 melawan Bosnia, membuktikan kemampuannya dalam mengadaptasi strategi sesuai kebutuhan.

Baca juga: 

“Kami berada di level 70 hingga 80 persen, masih belum 100 persen. Kami masih punya waktu,” ungkap Spalletti, mengakui bahwa timnya masih dalam tahap pemulihan performa maksimal.

Sebelum kemenangan ini, Italia bermain imbang 0-0 melawan Turki dalam laga uji coba. Spalletti merasa perlu melakukan perubahan untuk meningkatkan kinerja tim.

“Pada dua pertandingan persahabatan ini, kami memainkan dua tim dan dua pendekatan yang sepenuhnya berbeda,” katanya, menekankan pentingnya fleksibilitas taktik dan evaluasi berkelanjutan.

Semua pemain Italia diberi kesempatan tampil selama laga uji coba, langkah yang diambil Spalletti untuk menilai kemampuan dan kesiapan seluruh skuad.

Baca juga:

“Semua pemain sudah tampil (di laga uji coba). Kami memberi semua pemain kesempatan untuk mengenakan baju ini,” jelasnya. Langkah ini penting untuk membangun tim yang solid dan siap menghadapi tantangan di Piala Eropa.

Dengan pertandingan pertama babak grup melawan Albania yang semakin dekat, Spalletti menegaskan pentingnya persiapan mental timnya.

“Kami yakin kami memiliki skuad yang bagus. Kemudian, kami harus menyiapkan mentalitas turnamen,” ujarnya. Kemenangan atas Bosnia memberikan dorongan moral, namun Spalletti tetap fokus pada aspek yang perlu diperbaiki.

Spalletti menyadari bahwa evaluasi terus menerus diperlukan untuk mencapai performa terbaik. “Kami melakukan apa yang harus kami lakukan. Kami harus mengusahakan apa yang perlu diperbaiki,” pungkasnya.

Kemenangan ini menunjukkan potensi besar Italia di Piala Eropa 2024. Dengan performa yang meningkat dan persiapan yang matang, Spalletti dan timnya optimis menghadapi turnamen. Penampilan mereka melawan Albania akan menjadi ujian pertama kesiapan tim untuk mempertahankan gelar juara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *